Modul 8
Kegiatan Belajar I
A.
Hakekat kurikulum Sekolah Dasar
-
Kedudukan kurikulum dalam pedidikan
-
Prinsip-prinsip dasar dalam
mengembangkan kurikulum
1. Prinsip
relevansi
2. Prinsip
evektivitas
3. Prinsip
efisiensi
4. Prinsip
fleksibilitas
5. Prinsip
berkesinambungan
-
Standar komperendi lulusan dan
karakteristik mata pelajaran
1. Literasi
2. Kemampuan
berkomunikasi
3. Problem
solving
4. Bernalar
(reasoning)
-
Meliputi
1. PKn,
B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS
Kegiatan Belajar II
A.
Karakteristik Mata Pelajaran Di Sekolah
Dasar
1. Hakekat
KTSP
-
Tujuan -
Kecerdasan, kepribadian
-
Struktur - Mapel
- Mulok
-Pengembangan diri
-Ketuntasan
-Kenaikan Kelas
-
Kalender Pendidikan SD
-
Silabus
2. Latar
Belakang
-
Mulai Lingkungan terdekat
-
Pelayanan
-
Proses Pengembangan
3. Prosedur
Pengembangan KTSP
-
Berpusat pada potensi
-
Beragam terpadu
-
Tanggap
-
Relevan
-
Menyeluruh
-
Belajar sepanjang hayat
-
Seimbang
Menurut
BSNP 2006 pengembangan silabus hendak memperhatikan berbagai prinsip:
ü Ilmiah
ü Relevan
ü Sistematis
ü Konsisten
ü Memadai
ü Aktual
dan kontektual
ü Menyeluruh
4. Pihak-Pihak
yang terlibat dalam pengembangan KTSP
-
Guru
-
Peserta didik
Sign up here with your email
EmoticonEmoticon