Modul 2
Perspektif Pendidikan
Dasar
KARAKTERISTIK PENDIDIKAN SD
Kegiatan Belajar I
A.
Fungsi –Tujuan dan ciri-ciri pendidikan
SD
·
Fungsi dan Tujuan
Pasal
3 UU No 20 th 2003
-
Mengembangkan kemampuan dan watak serta
beradapan bangsa yang bermartaabat dalam
rangka mencerdaskan bangsa
Berpeserta didik agar menjadi manusia
beriman, bertakwa pada Tuhan, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
tanggung jawab, mandiri
-
Memberikan
ketrampilan kemampuan baca dan tulis
B.
Karakteristik Pendidikan Sekolah Dasar
1. Karakteristik
Umum di SD memiliki cirri-ciri :
-
Literasi
-
Kemampuan berkomunikasi
-
Memcahakan masalah
-
Bernalar
2. Karakteristik
khusus pendidikan SD meliputi :
a. Siswa
-> Berkembangan
-> Belajar
-> Layanan Pendidikan
b. Guru
-> Profil Kompetensi
-> Tingkat Professionalisasi
c. Kurikulum
d. Pembelajaran
e. Gedung
/ Peralatan
Kegiatan Belajar II
A.
Tatanan Organisasi dan bentuk-bentuk
penyelenggaraan pendidikan SD
1. Tatanan
Organisasi SD
- Pengolahan -
Sarana –Prasarana
2. Bentuk-bentuk
Penyelenggaraan pendidikan SD
-
SD-MI
-
SD unggulan atau SNP
-
SDLB
-
Sekolah
Dasar Inklusi
-
Program Paket A
-
Sekolah Rumah
Sign up here with your email
EmoticonEmoticon