About Me

Artikel Tentang Kosmetika dan Obat

Dibawah ini adalah deskripsi mengenai kosmetika dan obat. sejenis rangkuman dari beberapa sumber untuk menjadi acuan belajar atau sebagai artikel tugas .


  • Beberapa tokoh yang mendalam kosmetika, antara lain :

1)      Hypokrates (460-370 M) menjadi pelopor dunia kosmetika dengan resep kosmetika dan menghubungkannya dengan ilmu kedokteran.
2)      Henry de Nodevelli (th 1260-1325), memisahkan kosmetologi dari ilmu kedokteran dengan memperkenalkan dua bentuk kosmetika, yaitu untuk merias wajah dan kosemtika perawatan/pengobatan patologi kulit.
3)      Mulai tahun 1700 – 1900 terjadi pemisahan kosmetika yang terbagi atas : Cosmetic decorative dan Cosmetic treatment
4)      Goodman H (th 1936) mendalami kostika dari segi sifat fisikanya, kimia dan fisiologi dari bahan-bahannya maupun pemakaian dan akibat-akibat yang ditimbulkan pada kulit

  • Pengertian Kosmetologi

Ilmu pengetahuan yang mempelajari hokum-hukum kimia, fisika, biologi dan mikrobiologi tentang pembuatan, penyimpanan dan penggunaan bahan kosmetika

  •  Pengertian Kosmetika

Bahan atau campuran bahan yang dalam pemakaiannya dengan cara di gosokan, dilekatkan, ditaburkan, dipercikan atau disemprotkan di badan atau bagian badan manusia dengan maksud untuk membersihkan, memelihara, menambah daya tarik dan mengubah rupa bukan termasuk golongan obat. Serta zat tersebut tidak mengganggu faal kulit atau kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  •  Pengertian Obat

Obat dirumuskan sebagai bahan, zat atau benda yang dipakai untuk diagnosis, pengobatan dan pencegahan suatu penyakit atau bahah, zat yang dapat mempengaruhi struktur dan faal tubuh.
5.      Perbedaan kosmetika dengan obat
·         Obat: dapat mempengaruhi struktur dan faal tubuh
·         Kosmetika : tidak mengganggu faal kulit atau mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan

  • Fungsi  Kosmetika

Mencegah dan menanggulangi problema kulit dan kulit manusia, baik yang disebabkan oleh gangguan yang dating dari luar maupun proses penuaan kulit dan kulit itu sendiri.

  • Kosmetika Modern

Kosmetika yang diproduksi secara pabrik (laboratorium), dimana bahan – bahan yang dipergunakan telah tercampur dengan zat-zat kimia untuk mengawetkan kosmetika tersebut agar tahan lama dan tidak cepat kadaluarsa.

  •  Kosmedik

Kosmetika yang kedalamnya ditambahkan bahan-bahan aktif tertentu seperti zat-zat anti bakteri atau jasad renik lainnya, seperti : anti jerawat, anti gatal, anti produk keringat, anti ketombe dan lain-lain dengan tujuan untuk pengobatan (obat jerawat), untuk pencegahan (anti produk keringat, anti ketombe) dan lain-lain

  • Kosmetika Hipoalergik/Hipoalergenik

Kosmetika hipoalergik adalah kosmetika yang didalamnya tidak mengandung zat-zat yang  dapat menyebabkan raksi iritasi dan reaksi sensitasi, merupakan kosmetika yang lebih aman untuk kesehatan kulit.
Previous
Next Post »

BTemplates.com